Senin, 30 Desember 2013

Kuliner Thailand

Sore itu untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun tidak jalan-jalan ke Cilandak Town Square (CITOS), akhirnya saya bisa nongkrong lagi di sana. Mall di wilayah Jakarta Selatan ini sudah terkenal dengan tempat makan yang beragam. Saya datang bersama sahabat usai jam kerja dan pilihan kami untuk makan malam jatuh pada restoran Thailand bernama "Over Rice" yang terlihat ramai. Sepertinya enak dan semoga menu yang kami pilih tidak gagal.
Saya memesan Tom Yum Kai, semacam sup dengan rasa asam menyegarkan. Mungkin Tom Yum adalah sayur asemnya orang Thailand tetapi dengan warna lebih terang dan tentu saja isi sayurannya bukan labu, kacang panjang, ataupun jagung rebus. Kai dalam bahasa Thailand berarti ayam, jadi sup yang saya pilih ini isinya adalah irisan daging ayam dan jamur kancing. Selain itu ada juga Tom Yum dengan isi udang. Meskipun saya lebih suka udang, karena baru pertama kali datang ke restoran ini jadi agak khawatir kalau udangnya kurang segar. Ketika pesanan tiba saya langsung menyendok kuah Tom Yum dan merasa puas dengan rasanya yang pas di lidah, rasanya tidak terlalu asam dengan aroma bumbu sedang. Lucunya ketika separuh porsi sudah dilahap, barulah saya tahu kalau di dasar mangkuk terdapat bumbu-bumbu yang diiris dalam potongan besar. Bawang merah, bawang putih, daun serai, juga lengkuas tiba-tiba memenuhi sendok. Kemudian saya bekerja keras mengaduk-aduk Tom Yum untuk mencari potongan daging dan jamur yang tersisa.
Bumbu-bumbu To Yum Kai
Sebagai penutup saya memesan Ice Cream Banana Cone dan Sweet Cassava. Pisang yang dipilih untuk sajian pencuci mulut ini tidak terasa manis, jadi pas disajikan dengan Vanilla Ice Cream. Sedangkan menu penutup satunya adalah singkong rebus yang ditaburi fla dan biji wijen, rasanya manis dan lembut. Sepertinya untuk menu penutup ini bisa dibuat sendiri di rumah suatu hari nanti. 
Ice Cream Banana Cone & Sweet Cassava
Salam Sehat,

Titis

1 komentar:

Terima kasih atas komentarnya